Bhabinkamtibmas Jatirejo dan Bhabinkamtibmas Klitik Pantau Jalannya Tracing dan Rapid Test

0
17

Polres Madiun – Kapolres Madiun Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Jury Leonard Siahaan melalui Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Wonoasri, Aiptu Agus Budi Santoso bersama Bhabinkamtibmas Desa Jatirejo, Aipda Marianto dan Bhabinkamtibmas Desa Klitik Polsek Wonoasri, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Dedy Kurnia melaksanakan pendampingan pelaksanaan Rapid Test sekaligus Tracing oleh Tim Kesehatan Puskesmas Wonoasri di Desa binaannya, Kecamatan Wonoasri, Madiun, Rabu (23/6/2021).

Kegiatan Rapid Test dan tracing atau penelusuran ini merupakan tindak lanjut dari adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah Desa Jatirejo dan Desa Klitik. Tracing atau penelusuran ini dilakukan juga sebagai upaya pemetaan terhadap masyarakat yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien. Adapun Rapid Test Antigen ini bertujuan untuk mengetahui status masyarakat yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 apakah reaktif atau non reaktif.

“Hari ini kami bersama 3 pilar desa dan Tim Kesehatan Puskesmas Wonoasri melaksanakan kegiatan Rapid Test bertujuan mencegah penyebaran Covid-19 terutama bagi mereka yang pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19. Alhamdulillah berdasarkan hasil Rapid Test, seluruh warga yang memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien dinyatakan Non Reaktif namun tetap diwajibkan untuk melaksanakan Protokol Kesehatan secara ketat kapanpun dan dimanapun,” ujar Agus Budi.

Aiptu Agus Budi juga mengimbau kepada masyarakat sekitar rumah pasien untuk tidak mengucilkan atau membentuk opini menjauhi keluarga pasien terkonfirmasi Covid-19. Oleh sebab itu, Bhabinkamtibmas bersama dengan 3 pilar Desa selalu mengajak serta mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan Protokol Kesehatan secara ketat kapanpun dan dimanapun saat beraktifitas keluar rumah. (lido31)